Jumat, 26 Desember 2014

Pentingnya Mengetahui Kiat Sukses Berwirausaha



A41-Dwi Gusni Rizkiani
 
Saat mendengar kata kewirausahaan saya langsung berpikir pasti berhubungan dengan dagang berdagang. Saya memang orang yang kurang tertarik dengan dunia usaha karena mungkin tidak ada darah wirausaha didalam diri saya. Hampir semua keluarga saya bukan seorang wirausaha. Saya pun berpikir seorang entertain atau artis saja yang sudah sukses dan terkenal berbondong-bondong membuka usaha dengan tujuan keuangan mereka berputar dan bertambah untuk masa depan mereka. Dan saya sadar tidak mungkin saya menjadi pekerja terus-terusan. Mulai saat itu saya berpikiran bahwa saya harus membuka sebuah usaha demi masa depan. Untuk membuka sebuah usaha bukan perkara mudah.

Berikut kiat-kiat sukses membuka usaha yang saya dapatkan dari salah seorang kerabat saya yang berhasil dalam berwirausaha. Awalnya beliau hanya memberikan kreditan alat elektronik kepada tetangga, namun karna kerja kerasnya beliau sekarang berhasil membuka beberapa mini market. Menurut beliau untuk menjadi seorang wirausaha sangat dibutuhkan kesungguh-sungguhan dan tekad yang bulat, karena terkadang saat kita membuka usaha tidak semulus yang kita harapkan sehingga dibutuhkan tekad yang bulat yang menjadikan pondasi agar kita tidak mudah putus asa. Kemudian mecari tahu usaha apa yang dapat menarik perhatian masyarakat, dalam hal ini dibutuhkan adanya penelitian. Selanjutnya mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang tepat agar usaha kita dapat berkembang dan dalam strategi tersebut terdapat perencanaan matang seperti bagaimana mempromosikannya kemudian untuk apa modal dikeluarkan sehingga tidak terjadi pengeluaran-pengeluaran lain diluar rencana yang dapat membuat kerugian. Ketika usaha kita sudah berjalan ada hal yang lebih sulit yaitu mempertahankan dan mengembangkan bisnis yang ada sehingga dibutuhkan selalu inovasi-inovasi agar masyarakat loyal dan tetap pecaya dengan usaha yang kita jalani.

Nasehat beliau yang selalu saya ingat yang membuat saya lebih semangat lagi dalam berwirausaha adalah jika mencoba satu kali gagal yang kedua mungkin berhasil, yang kedua gagal mungkin yang ketiga berhasil dan begitu seterusnya. Jadi intinya jangan pernah menyerah karena banyak kemungkinan-kemungkinan positif jika kita terus berusaha. Saat kita jatuh kita harus bangkit lagi, jatuh lagi bangkit lagi, jatuh lagi bangkit lagi sampai dunia pun lelah membuat kita jatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar